Kampus Pusat

Tim Bank Indonesia Sumatera Selatan Kunjungi Daarul Abroor

Pada hari Kamis, 18 April 2019, Pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) kedatangan tamu dari Bank Indonesia (Sumatera Selatan). Mereka berjumlah dua orang yaitu bapak Febriansyah dan bapak Awaludin. Mereka datang menjejakan kaki di perkampungan damai Daarul Abroor pada saat sholat dzuhur sedang berlangsung.

Kedatangan mereka bertujuan untuk mensurvei pondok pesantren yang di sekitar pondok pesantren terdapat penduduk penghasil kelapa. Daarul Abroor merupakan salah satu pondok pesantren yang di lingkungan sekitarnya merupakan penduduk penghasil kelapa.

Rata-rata Penduduk desa di sekitar PMDA merupakan penghasil kelapa, mereka menjual kelapa sebagai salah satu penghasilan mereka selain padi. Meski mereka menanam kelapa hanya disekitar rumah ada juga yang menanamnya di sawah-sawah mereka. Namun penghasilan kelapa mereka cukup besar.

Namun satu kekurangannya yaitu, belum adanya pabrik yang dekat dengan desa ini, selain itu jarak antara desa ini dengan pabrik kelapa cukup jauh, sehingga sangat disayangkan sekali pengolahan kelapa hanya bersifat pada kelapanya saja. Sehingga banyak sekali dari bagian kelapa yang terbuang, misalnya sabut kelapa yang seharusnya bisa dijadikan sapu maupun keset rumah, di sini mungkin hanya dibuang begitu saja. Tempurung kelapa yang seharusnya bisa dijadikan arang mungkin disini hanya bisa dibuang atau dibakar dan dibiarkan saja, meski ada yang menjadikannya arang namun itu jarang.

Untuk itu kedatangan bapak Febriansyah dan bapak Awaludin kesini diharapkan dapat menjadi awal ataupun pintu gerbang penyelesaian masalah ini. Jika ada pabrik ataupun penyaluran yang memadai diharapkan tingkat penjualan petani kelapa akan mendapatkan penghasilan yang lebih dari biasanya.

Karena penghasilan kelapa dan ladang padi merupakan mata pencaharian penduduk.

Tags
Back to top button
Close
X