Santri Akhir KMI; Ujian Hakiki Akhirnya Datang

“The real examination is coming”, begitu ekspresi dan ungkapan santri kelas 6 KMI ketika disodorkan Jadwal Ujian Lisan akhir tahun (nihaiy). Wajar jika mereka berkata demikian, sebab di Pesantren Modern Daarul Abroor Ujian pelajaran sesungguhnya adalah ujian KMI. Ujian ini yang akan menjadi tolok ukur kelulusan mereka dari Pesantren.

Setelah menghadapi ujian madrasah dan ujian akhir nasional (UAN), saatnya mereka menghadapi ujian KMI selama 17 hari (lisan dan tulisan). Pelajaran yang diujikan sebanyak 15 mata pelajaran dengan materi dari kelas 4, 5 dan 6.

Untuk dinyatakan lulus, mereka harus mendapatkan nilai tiap pelajaran minimal 5 (nilai asli tanpa tambahan). Jika ada pelajaran KMI yang diujikan mendapatkan nilai dibawah 5 maka mereka harus mengulang ujian lagi. Jika di ujian susulan ternyata mereka juga gagal, maka mereka dinyatakan TIDAK LULUS. Itulah mengapa santri kelas 6 begitu bersungguh-sungguh mempersiapkan diri menghadapi ujian KMI ini. Belajar pagi, siang dan malam hingga larut malam, bangun malam untuk tahajud dilanjutkan belajar lagi. Tiada waktu tanpa belajar.

Semoga mereka diberi kemudahan, kelancaran dan kesuksesan dalam ujian akhir (nihaiy) mereka, aamiin.

Tampilkan Semua

PM. Daarul Abroor

Lembaga Pendidikan Islam Modern di Sumatera Selatan dengan sistem asrama. Menggunakan kurikulum KMI Gontor dipadukan dengan pengkajian kitab-kitab klasik dan Tahfidz. Sistem reguler 6 tahun bagi lulusan SD/MI, dan intensif 4 tahun bagi lulusan MTs/SMP. Pondok Pesantren Mu'adalah satu-satunya di Sumatera Selatan.

Artikel Terkait

Close
Close