Celoteh Santri

Ramadhan dan Kesatria Hebat

Catatan Santri Tentang Ramadhan

Musuh terhebat dalam hidup mu adalah dirimu sendiri Suryati

Ramadhan……. Adalah bulan suci penuh ampunan, keberkahannya selau terasa oleh jiwa yang menghayatinya. Iblis dan segala bala tentaranya yang selalu menggoda dan menipu manusia dengan kesenangan-kesenangan dunia, yang akhirnya menderita di akhirat.

Saat ini mereka menderita, menangis, menjerit, karena dibulan ramadhan mereka dibelenggu dan dipenjara di dalam bumi, mengapa demikian?

Inilah kasih sayang Allah terhadapa manusia, Allah menginginkan agar manusia tenang tanpa ada godaan dibulan ramadhan, menjalankan ibadah dengan penuh kekhusuan. Inilah ramadhan yang biasanya disebut bulan umat muslim, bulan penuh berkah, dan bulan penuh ampunan.

Semua perbuatan yang diperbuat manusia pahalanya dilipat gandakan, bahkan ada sesuatu malam yang disebut malam lailatul qodar, yaitu dimana malam yang dilipat gandakan menjadi seribu kali, malam penuh kedamaian sampai terbit fajar.

Namun, keberadaan malam ini tak dapat diketahui, karena hanya Allah-lah Sang Maha mengetahui.

Sungguh ironis manusia akhir zaman ini, iblis dan bala tentaranya tak lagi di bulan ramadhan, bahkan mereka menderita dan menangis, namun banyak diantara manusia yang masih melakuakan maksiat, baik kecil maupun besar.

Jika ditanya mengapa hal itu terjadi ?

Jawabannya hanya satu, hawa nafsu dan kebiasaan. Hawa nafsu yang menjadi naluri manusia untuk melakuakan maksiat, dan kebiasaannya yang mendorongnya.

Memang benar kata pepatah,

‘’Musuh terhebat dalam hidup mu adalah dirimu sendiri’’

Diri sendiri adalah musuh terhebat dalam hidup seseorang, karna manusia mempunyai hawa nafsu yang selalu mendorongnya untuk melakuakan maksiat dan kesenangan semata.

Oleh : Suryati – 6B 2018

Tags

Tulisan Terkait

Close
X