Profil Pondok Modern Daarul Abroor

Pondok Modern Daarul Abroor Kampus 1 dilihat dari atas.

Sejarah Singkat Pondok Modern Daarul Abroor

Pondok Modern Daarul Abroor merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang menerapkan keterpaduan antara model pendidikan modern dan klasik. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI).

Perintis dan Pendiri Pondok Modern ini adalah K.H. Edy Sunari, B.A., alumni KMI Pondok Modern Darussalam Gontor th. 1972 dan IPD Gontor th. 1975. Pondok Modern Daarul Abroor mulai dirintis pada tahun 1985 dengan dibukanya jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pada tahun 1989 dirintislah jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dilanjutkan dengan dibukanya jenjang pendidikan Madrasah Aliyah (MA) pada tahun 1992. Dan pada tahun 2016 Madrasah Aliyah resmi digantikan dengan Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI).

Kini setelah 30 tahun berjalan, Pondok Modern Daarul Abroor telah memiliki 3 cabang yaitu Pondok Modern Daarul Abroor 2 di Jalur 18 Kec. Muara Padang Banyuasin, Pondok Modern Daarul Abroor 3 di Jalur 13 Muara Sugihan Banyuasin serta Pondok Modern Daarul Abroor 4 di Dusun Air Sabut Pagar Gunung Kec. Lubai Kab. Muara Enim Sumatera Selatan.

Panca Jiwa dan Motto Pondok

Di Pondok Modern Daarul Abroor, Motto dan Panca Jiwa ini menjadi pedoman dalam mengelola Pondok dan membina santri. Semua kegiatan dan aktifitas di dasarkan pada Motto dan Panca Jiwa ini.

Panca Jiwa Pondok Modern Daarul Abroor

  1. Keikhlasan (Sincerity). Jiwa Keikhlasan ini artinya berbuat segala sesuatu bukan karena didorong oleh keinginan memeperoleh keuntungan tertentu. Segala pekerjaan dilakukan dengan niat semata-mata ibadah. Kiai ikhlas mendidik, santri ikhlas dididik dan mendidik diri sendiri, dan para tenaga pengajar ikhlas dalam membantu menjalankan proses pendidikan.
  1. Kesederhanaan (Simplicity). Kehidupan di dalam pondok diliputi oleh suasana jiwa kesederhanaan. Sederhana tidak berarti pasif, tidak juga berarti miskin, sederhana harus disesuaikan dengan kemampuan. Di dalam kesederhanaan terdapat nilai-nilai kekuatan, kesanggupan, ketabahan dan pengendalian diri dalam menghadapi perjuangan hidup. Dengan jiwa kesederhanaan akan hidup dan tumbuh mental dan karakter yang kuat, yang menjadi syarat bagi suksesnya perjuangan dalam segala segi kehidupan.
  1. Berdikari (Self Sufficiency). Berdikari atau kesanggupan menolong diri sendiri merupakan senjata ampuh yang dibekalkan pesantren kepada para santrinya. Berdikari tidak saja dalam arti bahwa santri sanggup belajar dan berlatih mengurus segala kepentingannya sendiri, tetapi pondok pesantren itu sendiri -sebagai lembaga pendidikan- juga harus sanggup berdikari sehingga tidak pernah menyandarkan kehidupannya kepada bantuan atau belas kasihan pihak lain.
  1. Ukhuwah Islamiyah (Brotherhood). Kehidupan di pondok pesantren, setiap siswa harus melibatkan persaudaraan dekat, sehingga setiap kesedihan dan kebahagiaan dirasakan bersama dalam persaudaraan keagamaan. Tidak ada jurang lagi yang memisah mereka, meskipun mereka sebenarnya berasal dari berbagai latar belakang. Persaudaraan ini tetap dilakukan tidak hanya ketika mereka masih di pesantren, tetapi juga ketika mereka berada dalam melayani masyarakat.
  1. Kebebasan (Freedom). Kebebasan untuk berpikir dan melakukan. Kebebasan untuk menentukan masa depan. Kebebasan untuk memilih cara hidup. Jiwa kebebasan akan membuat pikiran siswa dioptimalkan untuk mengatasi setiap hambatan dengan segala yang mereka dapatkan dari pesantren. Tetapi kebebasan ini bukanlah bebas sebebasnya, kebebasan yang dimaksud tetap dalam koridor/aturan agama.

Motto Pondok Modern Daarul Abroor

  1. Berbudi Tinggi Ini adalah sifat yang harus ada dalam diri manusia terutama generasi muda. Sifat ini sangat penting dan haruslah berada pada tingkat pertama sebelum sifat-sifat lain yang akan dimiliki.
  2. Berbadan Sehat. Sebagai calon pemimpin masyarakat, kualitas fisik yang sehat dan kuat juga sangat penting. Akhlak yang mulia, ditambah dengan fisik yang prima akan melahirkan insan tangguh dalam menghadapi setiap tantangan dan cobaan.
  3. Berpengetahuan Luas. Syarat ini tentunya tidak diragukan lagi. Ia juga syarat utama yang mesti dimiliki oleh calon pemimpin masa depan. Kesempurnaan seorang pemimpin dapat diketahui melalui budi pekerti, badan yang sehat serta pengetahuannya yang luas.
  4. Berpikir Bebas. Kepribadian yang dibalut dengan akhlak, fisik yang sehat, ilmu yang luas harus mampu menempatkan dirinya pada tempat yang bebas, tidak terikat kepada siapapun. Yang dibelanya hanyalah kebenaran untuk kemaslahatan umat.

Jumlah Santri dan Guru

Jumlah santri Pondok Modern Daarul Abroor hingga tahun 2017 berjumlah 975 Santri dengan tenaga pengajar berjumlah 81 Guru.

Tenaga Pengajar

Tenaga kependidikan di Pondok Modern Daarul Abroor adalah para Kader Pondok yang telah menyelesaikan studinya tingkat S1 dan S2 (baik jurusan Agama maupun umum) pada perguruan tinggi maupun Pondok Pesantren yaitu Univ. Muhammadiyah Malang, UGM Jogyakarta, Univ. Tridinanti Palembang, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Univ. Sriwijaya Palembang, Univ. Bina Darma Palembang, Univ. Muhammadiyah Palembang, UIN Raden Fatah Palembang, Univ. PGRI Palembang, KMI Darussalam Gontor, dan tamatan Pondok Modern Daarul Abroor sendiri.

Sarana dan Fasilitas

Sarana dan Fasilitas yang tersedia bagi Santri dan Ustadz adalah: Masjid sebagai Pusat Ibadah Ruang Kelas Perpustakaan Laboratorium Bahasa dan Komputer Asrama Permanen Putra dan Putri + MCK Dapur Umum Mini Market dan Kantin Pusat isi ulang air minum Ruang Tamu dan Penginapan Lapangan Olah Raga (Bola, Volly, Takraw, Basket, T. Meja, B. Tangkis, dll) Agen Pos Daarul Abroor.

Prestasi Santri

Di antara prestasi santri Pondok Modern Daarul Abroor 5 tahun terakhir adalah: Mengikuti Jambore Nasional di Pondok Modern Gontor Jawa Timur 2016. Mengikuti Pramuka se Jawa Sumatera di Pondok Pesantren Latansa Banten 2016 Juara 3 Marching Band dalam acara Sumeks Open dan Gubernur Cup 2016 Juara umum Jambore Ranting Kec. Muara Sugihan 2016. Lomba 1 Lomba tari antar SMP/MTs se Kec. Muara Sugihan 2015 Juara 1 Lomba Cerdas Cermat antar SMP/MTs se Kec. Muara Sugihan 2015 Tergiat 1 dalam lomba pramuka penegak tingkat Kab. Banyuasin 2015 Juara Umum Jambore Cabang Kab. Banyuasin 2014 Juara 3 Liga Pendidikan Indonesia tingkat Sekolah Menengah se Kabupaten Banyuasin 2014. Juara 1 cabang Hifdzul Qur’an 1 Juz, Juara 2 Fahmil Qur’an dan juara 3 tilawah remaja putra pada MTQ tingkat Kabupaten Banyuasin 2014.

Alumni Pondok Modern Daarul Abroor

Alumni Pondok Modern Daarul Abroor saat ini telah banyak melanjutkan kuliah di berbagai Perguruan Tinggi baik di Indonesia (UGM Jogyakarta, Univ. Muhammadiyah di Jawa, Univ. Tridinanti, UIN Raden Fatah Palembang, Univ. PGRI Palembang, Univ. Bina Dharma Palembang, Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan, UHAMKA Jakarta, Univ. Muhammadiyah Malang, UIN Jogya), maupun di Luar Negeri (Univ. Al Ahgaff Yaman, Univ. Al Azhar Mesir, Univ Madinah). Para Alumni Pondok Modern Daarul Abroor hingga saat ini telah tersebar di seluruh wilayah perairan dan telah memberikan pengaruh positif dan warna tersendiri. Di antara mereka ada yang menjadi Pengurus Pemerintahan baik tingkat Desa maupun Kabupaten, Guru, Pedagang, maupun wiraswasta lainnya.

Close