Pramuka

We are Scout but We are Muslim.

Pramuka merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat serta penuh dengan pendidikan. Di pramuka karakter dan mental di gembleng. Di pramuka pula ditanamkan sifat-sifat baik seperti kebersamaan, saling tolong, cinta alam, dan lainnya sebagaimana tertuang dalam tri satya dan dasa dharma.

Di Pondok Modern Daarul Abroor, pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib bagi seluruh santri. Kegiatan ini rutin diadakan setiap rabu siang atau 1 kali dalam sepekan.

Para santri dikelompokan menjadi beberapa team, tiap team dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Mereka diajarkan teori kepramukaan serta praktek oleh kakak Pembina dan Pembimbing dari Ustadz serta santri senior dengan metode yang asyik dan menyenangkan sehingga tidak membosankan.

Dalam 1 tahunnya, diadakan kegiatan Lomba Pramuka dan Perkemahan Daarul Abroor (LP2DA) yang diikuti oleh seluruh santri baik kampus pusat maupun cabang. Serta 2 tahun sekali mengundang gudep dari luar pesantren seperti SD/MI, MTs dan SMP di wilayah perairan.

Di antara kegiatan pramuka Daarul Abroor yang penting selain Lomba Pramuka dan Perkemahan Akbar satu tahun sekali, juga kegiatan pendidikan kepramukaan tingkat Mahir Dasar (KMD) bagi santri kelas 5 KMI.

Dari sisi prestasi di bidang kepramukaan, alhamdulillah Tim Khusus Daarul Abroor (Pasukan Garuda) selalu menjadi Juara Umum di kegiatan Jambore Raimuna tingkat Kecamatan Muara Sugihan. Berikut ini beberapa prestasi Pramuka Daarul Abroor:

  1. Juara UMUM Jambore Ranting Muara Sugihan tingkat Penggalang MI/SD dan SMP/ MTs 2018
  2. Mengikuti Jambore Nasional di Pondok Modern Gontor Jawa Timur 2016.
  3. Mengikuti Pramuka se Jawa Sumatera di Pondok Pesantren Latansa Banten 2016
  4. Juara umum Jambore Ranting Kec. Muara Sugihan 2016.
  5. Tergiat 1 dalam lomba pramuka penegak tingkat Kab. Banyuasin 2015.
  6. Juara Umum Jambore Cabang Kab. Banyuasin 2014.
  7. Mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam acara Pramuka Santri Nusantara (2006) di Cibubur Bogor dan di Tasikmalaya (2009) serta Pramuka Nasional 2011 di Teluk Gelam OKI Sumatera Selatan.
  8. Mengikuti Language Jamboree 2010 se-Jawa dan Sumatera di Jakarta.
Back to top button
Close
X