Kampus Pusat

Pembuatan Soal dan Koreksi Massal I’dad Imtihan Kelas 6

Dibalik suasana malam Ramadhan yang indah bertabur bintang dan kedamain karena lantunan ayat suci Al-qur’an. Serta kehangatan dibalik jiwa semangat para santri yang sedang bersiap-siap menghadapi ujian. Di saat itu pula Pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) mengadakan acara pembuatan I’dad bersama di Gedung Umar 101-103, pada 06 Mei 2019.

Pembuatan i’dad masal ini disebabkan esok hari PMDA sudah mulai mengadakan ujian Lisan, sehingga Ustadz-Ustadzah pondok mengadakan acara pembuatan I’dad bersama supaya mereka mempunyai persiapan yang matang untuk menguji para santri, selain itu pembuatan I’dad masal juga bertujuan untuk menambah keharmonisan keluarga pondok.

Selain para ustad yang membuat I’dad ada beberapa santri akhir KMI juga ikut membuat I’dad secara masal, hal ini bertujuan agar ustad-ustad senior langsung dapat mengoreksi I’dad yang ditulis oleh siswa akhir KMI. Karena esok hari siswa akhir KMI juga akan ikut membantu para ustad dan ustazah dalam melaksanakan ujian lisan.

I’dad adalah persiapan, karena setiap penguji lisan juga harus mempunyai persiapan dalam melakukan pengetesan. Apalagi jika yang menguji adalah siswa akhir KMI. Maka mereka wajib membuat I’dad.

Terlihat jelas dari luar ruangan bagaimana seriusnya siswa akhir KMI membuat I’dad, mereka menulis dan terus menulis sembari melihat materi yang akan mereka uji lisankan. Diantara mereka ada yang membuat I’dad mahfudzot, hadits masjid, hadits di kelas. Dan masih banyak lagi.

Satu persatu I’dad yang mereka buat langsung dikoreksi oleh ustad senior, adapun jika mereka salah dalam pembuatan I’dad maka ustad senior langsung memberikan penjelaskan agar mereka paham dimana letak kesalahan mereka.

Pembuatan I’dad dilakukan sekitar pukul Sembilan malam (sehabis sholat tarawih). Pembuatan I’dad diiringi dengan lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibaca oleh para santri di masjid. Hal ini menambah keharmonisan keluarga pondok, dan hangatnya kebersamaan. [Suryati]

Tags
Back to top button
Close
X