Kampus Pusat

Pembekalan Amaliyah Tadris Bagi Santri Kelas 6

Pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) adakan pengarahan amaliah tadris bagi santriwan dan santriwati kelas enam KMI, pada 17 Maret 2019, di Gedung Umar 102-103. Pengarahan dimulai pada 07:00- 15:00 WIB. Rencananya pengarahan akan dilanjutkan pada keesokan harinya, yakni 18 Maret 2019.Pengarahan yang dimulai pada pagi hari dan berakhir ketika dhuhur, membahas tentang bagaimana cara membuat I’dad atau persiapan mengajar. Yang kemudian dilanjutkan jam 14:00-15:00 WIB.

Pengarahan ini bertujuan agar santri kelas enam KMI dapat menjalankan proses praktek mengajar dengan baik. Pengarahan ini membahas bagaimana cara membuat I’dat, cara menjelaskan pelajaran kepada anak-anak agar peserta didik dapat memahami apa yang disampaikan oleh mudarris (pengajar).

Praktek mengajar di PMDA sungguh menguji mental, sebab mereka harus mampu menyampaikan pelajaran kepada anak didik dengan benar, supaya anak didik dapat memahami setiap yang disampaikan. Selain itu mereka juga harus menggunakan bahasa Arab (apabila materi yang mereka sampaikan berbasis Bahasa Arab), jika materi yang mereka sampaikan berbasis Bahasa Inggris mereka juga harus menggunakan Bahasa Inggris.

Selain bahasa yang sesuai dengan materi yang disampaikan, mereka juga harus menggunakan jalan / cara yang benar dalam mengajar. Jika ada satu cara mengajar yang ketinggalan bisa jadi mereka akan mengulanginya lagi.

Untuk itu pengarahan ini berfungsi sebagai pembelajaran agar mereka paham bagaimana menjadi seorang mudarris (pendidik) yang baik dan benar. Supaya mereka tidak melakukan banyak kesalahan ketika mengajar.

Sengaja PMDA mengadakan sistem Amaliah Tadris bagi seluruh siswa akhir KMI, hal ini bertujuan agar setelah lulus nanti mereka dapat mengajar anak-anak di desanya dengan metode-metode pembelajaran yang baik dan benar. Dapat menggunakan waktu dengan semaksimal mungkin, agar waktu yang mereka gunakan dapat bermanfaat.

Untuk itu lembaga pendidikan PMDA, menyiapkan generasi-generasi yang dapat mendidik, agar ilmu yang mereka dapatkan dari pondok tidak sia-sia.

Baca juga : Persaudaraan karena Iman dan Islam

Tags
Back to top button
Close
X