Kampus Pusat

Panasnya Suasana Ujian Nihai 2019

Selasa, 16 April 2019 Pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) mengadakan ujian tulis Ujian Nihai untuk siswa akhir KMI Tazakka Generation 2019 di Gedung Umar 101-103.

Ujian Nihai merupakan ujian akhir bagi kelas 6 KMI, setelah mereka melewati berbagai ujian mulai dari ujian mental yang berbentuk Amaliyah Tadris (praktek mengajar), mereka juga harus melewati ujian mental lainya yaitu ujian lisan. Namun ternyata perjuangan mereka belumlah selesai sampai disitu, mereka juga harus melewati ujian tulis. Jika sekedar ujian tulis itu sudah menjadi hal biasa bagi siapapun yang mengenal bangku sekolah, namun berbeda dengan Daarul Abroor karena materi ujian yang akan mereka lewati mulai dari kelas satu sampai kelas 6 KMI.

Sehingga rata-rata mereka semua melakukan belajar lembur mulai dari selesai makan malam hingga larut malam, ada yang hingga jam 12 malam bahkan lebih. Itulah jihad mereka demi mendapatkan kata lulus secara sempurna dengan nilai yang dapat mereka bangakan.

Hingga tak jarang diantara mereka yang sedang berada di suasana panasnya ujian mendinginkan ujian dengan berwudhu dan melaksanakan sholat malam, mereka bermunajat kepada sang pemberi, agar mereka diberi ilmu yang bermanfaat dan dipermudah dalam segala urusan mereka. Setelah mereka menenggelamkan dahi mereka dalam sujud-sujud yang panjang. Mereka melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an sebagai penenang hati mereka.

Beginilah suasana ujian di PMDA, ujian bukan sekedar mengerjakan soal materi,  namun ujian soal bagaimana mereka bisa lebih dekat kepada sang pencipta. Ujian adalah bagaimana cara mereka mendapatkan ilmu, bukan bagaimana mereka mendapatkan nilai. Karena jika ujian hanya sekedar bagaimana mereka mendapatkan nilai itu merupakan perkara mudah, yang sulit adalah soal bagaimana mereka mendapatkan ilmu. Karena ilmu tidak akan bisa masuk kepada mereka yang suka bermaksiat, namun ilmu akan dengan mudah masuk kepada mereka yang dekat kepada sang pemilik ilmu.

Dari dulu sampai sekarang dan sampai yang akan datang, sudah pasti masa-masa ujian adalah masa yang tidak mungkin mereka lupakan, karena disaat itulah mereka saling berdiskusi, saling mengajari, saling mengingatkan, bahkan saling memberi semangat jika ada salah satu diantara mereka yang down.

Inilah indahnya suasana ujian di Pondok, yang tidak akan pernah terlupakan, dan tidak pernah ada duanya seta tidak akan terulang.

Tags
Back to top button
Close
X