Kolom Ustadz

Obat Galau Menurut Islam

Berbicara tentang galau rasanya semua orang pernah merasakannya walau satu kali seumur hidup. Galau sering membuat kita salah dalam melakukan segala hal, menjadikan semua hal yang kita lakukan selalu salah. Bahkan galau sering membawa kita pada permasalahan hidup yang baru.

Namun agama Islam mempunyai cara menghilangkan galau yang sangat mudah, dan dijamin hilang deh galaunya. Mau tau cara menghilangkan galau menurut islam, yuk baca artikel ini!

Sebelumya apa sih yang membuat kamu galau, diputus pacar kah?, dimarahin orang tua kah?,  kena marah dosen, atau mungkin karena banyak tugas, atau bahkan kamu sendiri saja tidak tau apa alasannya kamu galau.

Baca juga : Mengenal santri dari sifat-sifatnya

Tak peduli apa alasan yang membuat kamu galau, yang harus kamu ketahui saat ini adalah sesungguhnya setan telah masuk ke celah hatimu yang membuat hatimu gelisah. Entah gelisah karena sebab atau bahkan gelisah tanpa sebab. Setan kemudian menggoda dan mempengaruhi dirimu untuk melupakan Allah. Disaat itulah seharusnya kita sadar, kalo setan itu memang punya tugas untuk selalu mengganggu manusia dan membuat lupa pada Tuhannya.

Cara menghilangkan galau menurut islam

1. Berwudhu

Sudah tahukan kalau setan itu berasal dari api? Maka cara termudah menghilangkan galau adalah berwudhu, karena dengan berwudhu secara logika ketika kita membasuh muka dan juga kepala itu sama dengan kita membasuh setan dari api yang memenuhi kita dengan kegundahan. Percaya deh, kalo kamu lagi galau kemudian kamu menghayati wudhumu (khusyuk) sudah pasti hatimu akan terasa sedikit lebih tentram.

2. Shalat

Cara yang paling ampuh berikutnya adalah sholat, karena sholat akan membawa kita kepada sebuah suasana yang sangat nyaman. Percaya deh kalo kamu sholat dengan khusyuk kamu pasti akan merasa sangat bahagia, seraya semua beban yang kamu tanggung hilang secara tiba-tiba bagai tertiup angin. He he he

Kalau sholat jangan tanggung-tanggung ya..!! jangan Cuma sholat wajib ajah, sholat sunat juga baik lho. Apa lagi kalo sholatnya itu di sepertiga malam, saat suasana sepi, hati disirami dengan embun  kedamaian, jiwapun terselimuti oleh salju kesejukan. Percaya deh, saat itu kita akan merasa bertemu dengan kekasih yang selalu membawa dan memberikan kita kebahagiaan. Kalau kamu bener-benar khusyuk dijamin kamu akan lupa dengan dunia dan segala nikmatnya. Dan pastinya kamu akan ketagihan untuk melaksanakan sholat malam.

3. Dzikir

Dzikir itu adalah mengucapkan kalimat yang ringan namun besar pahalanya di hadapan sang Maha kuasa. Ternyata dzikir itu punya banyak manfaat lho, salah satunya menjadikan hatimu tenang, karena hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenang. Kalau kamu punya masalah dan lagi gundah gulana serta gelisah, cobalah untuk mengucap kalimat-kalimat Allah sebanyak seratus kali atau mungkin seribu kali, sudah pasti hatimu akan tentram dan nyaman.

4. Membaca Al-Qur’an

Pasti sudah tau kan kalo Al-Qur’an itu obat dari segala macam penyakit? Pasti tahulah, orang yang sangat suka mendengarkan lagu-lagu pop pasti akan ngamuk juga kalo pas sakit gigi di suruh dengerin lagu itu. Tapi, pasti dia nggak akan marah kalo pas lagi sakit gigi mendengarkan orang yang membaca Al-qur’an. Hayoo ngaku..!! siapa yang biasanya suka sama lagu pop, pas lagi sakit gigi ada yang nyanyi lagu pop di dekat kamu, pasti marah kan..!!

Kalo orang yang sakit gigi ajah bisa tenang dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an, lalu bagaimana dengan hati yang gelisa dan merana? Sudah pasti akan dengan mudah menjadi tenang.

5. Berdo’a

Saat kita punya masalah lalu kemudian galau, siapakah yang pertama kali kamu temui? Allah-kah, orang tua kah, sahabat kah, atau bahkan pacarmu?

Coba deh di bayangin, kamu datang ke orang tua ternyata dia lagi sibuk sama kerjaannya, kamu datangi sahabatmu ternyata dia lagi sibuk ngerjain tugas, kamu mau curhat sama si dia, ternyata dia juga lagi sibuk sama urusannya sendiri.

Tidak semua orang selalu ada disaat kita membutuhkan mereka, namun Allah selalu ada dimanapun kita berada dan kapanpun kita membutuhkannya. Kalo kamu punya masalah cukup tadahkan tanganmu ke atas dan berdoalah padaNya, lebih nyaman lagi kamu berdo’a setelah melaksanakan sholat, sudah pasti lebih menyenangkan. [Ustadzah Suryati – Desember 2018]

Tags
Back to top button
Close
X