MASA DEPAN ADALAH HARI INI

Wajib Dibaca

SekPim
Sekretaris Pimpinan Pondok Modern Daarul Abroor.

kita sering mendengar banyak filsafat ataupun pepatah yang sering menginspirasi dan memotivasi diri kita. Salah satu pepatah yang ingin sya bahas kali ini adalah  adalah ”telur hari ini lebih baik dari pada ayam esok hari, ini adalah sebuah gambaran bahwa hidup kita hanyalah untuk hari ini saat di mana kita masih menghembuskan nafas, bukanlah kemarin ataupun esok hari, entah susah atau senang baik maupun buruk itu adalah waktu masa yang tak pernah kembali dan tak perlu di sesali, biarlah hari kemarin kita jadikan sebagai pelajaran  dan hari esok hanyalah sebuah impian yang menjadi harapan yang belum kita temui karena sesungguhnya hari adalah hidup kita.

Mari kita jadikan hari kemarin sebagai sebuah pengalaman untuk kita belajar hidup di hari ini dan esok.Jika kita melihat dan belajar di alam misalkan air yang mengalir di sungai hari ini tidaklah beda dengan air yang mengalir di hari kemarin,padahal air yang mengalir pada hari kemarin kita tidaklah tau sudah sampai di mana mungkin sudah sampai di lautan.ini adalah sebuah gambaran dari masa lalu kita bahwa sesuatu apapun yang telah di lewati itu tak akan pernah kembali lagi.

Hidup kita adalah hari ini saat di mana kita bisa merasakan nikmatnya allah yang harus kita syukuri. Manusialah yang berencana sedangkan allah yang

Berkuasa, jika kita sudah bisa merasa hidup hanyalah hari ini dan hari esok adalah motifasi hidup di hari ini.

اِعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأَنَّكَ تَعْيْشُ أَبَدًا وَاعْمَلْ لِآخِرَتِكَ كَأنَّكَ تَمُوْتُ غدًا

“Bekerjalah  seakan-akan engkau akan hidup selama-Lamanya dan beribadah lah kamu seakan-akan engkau akan mati besok”.

Jika kita fahami hadist ini sebuah motivasi dan juga peringatan bagi kita yang pada intinya adalah bagaimana cara untuk menjalani hidup di Dunia ini.

Pada kalimat pertama yang berbunyi ‘’Bekerjalah seakan-akan engkau akan hidup selama-lamanya’’ itu menunjukkan sebuah motivasi agar kita lebih semangat melakukan kegiatan pada hari ini karena dengan motivasi tersebut kita merasa bahwa hidup kita masihlah panjang,Tapi jangan lalai karena hari esok hanyalah seakan-akan atau sesuatu yang belum kita temui.

Pada kalimat yang kedua berbunyi ‘’Beribadahlah kamu seakan-akan engkau mati besok’’saat dimana kita menghembuskan nafas dan dimana kita harus menjadi lebih baik karena kemarin dan esok adalah hari ini dan saat dimana kita harus mulai meluruskan niat kita hanya karenanya seperti yang di katakan Foundur Alibaba  ‘’Hari ini kejam, besok lebih kejam lagi, tapi esok lusa, hari akan indah. kebanyakan orang meninggal saat[besok petang],dan tak mendapat kesempatan melihat matahari terbit.

Jika kita tidak menyerah, kita masih punya kesempatan, dan jika kita kecil, kita harus sangat fokus dan mengandalkan otak kita, bukan kekuatan kita.’’Begitu juga dengan rezeki, semua yang kita punya harta pangkat derajat atau kemewahah yang lainnya, itu semuanya adalah titipan. Rezeki kita hanyalah apa yang kita makan pada hari ini dan pada saat ini. Andai pun kita mempunyai harta yang banyak untuk bekal makan di hari esok itu pun belum rezeki kita, karna bisa jadi nanti atau esok Allah akan memberikannya pada orang lain atau mungkin hidup kita yang tak sampai besok.

Mari kita jadikan hari kemarin sebagai sebuah pengalaman untuk kita belajar hidup di hari ini dan hari esok jadikan sebagai sebuah motivasi.

بَيْضَةُ اليَوْمِ خَيْرٌ مِنْ دَجَاجَةِ االغَدِ

‘’Telur hari ini lebih baik dari pada ayam esok hari’’.

‘’Hidup itu bagaikan  sebuah seni. Apabila kita dapat mengetahui apa yang terkandung dalam  seni itu maka kita akan tahu makna sebenarnya dari sebuah kehidupan kehidupan’’.

 Ditulis oleh : Aprina Azzahra/6 KMI 2020

 

Kabar Terbaru

Pesan dan Nasehat Oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Daarul Abroor Menjelang Liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Tak terasa tinggal menghitung hari, Bulan Suci Ramadhan akan meninggalkan umat islam semua. Itu artinya hari kemenangan segera tiba,...

Informasi Lainnya

X