Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI)

Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI), adalah jenjang pendidikan yang setara dengan SMP/ MTs dan SMA/ Aliyah. Ia merupakan Sekolah Pendidikan Guru Islam yang mengutamakan pembentukan kepribadian dan sikap mental serta penanaman ilmu pengetahuan Islam.

1. Program Pendidikan

Terdapat dua macam program yang ditempuh siswa di KMI: program reguler dan program intensif. Program Reguler diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtida’iyah, dengan masa belajar 6 tahun. Sedangkan Program Intensif diikuti oleh siswa-siswi lulusan SMP atau MTs dan di atasnya, dengan masa belajar 4 tahun.

2. Kurikulum

Prinsip penyusunan kurikulum pengajaran di KMI Daarul Abroor adalah keseimbangan yang proporsional antara pengetahuan agama dan umum, serta integrasi antara intra, ekstra dan co-kurikuler.

3. Kegiatan KMI

KMI mempunyai banyak kegiatan, ada yang bersifat mingguan, tengah tahunan, tahunan serta kegiatan co-kurikuler sebagai penunjang utama. Diantaranya adalah: pertemuan evaluasi guru; penataran guru; pembekalan dan penyiapan guru untuk menguasai materi yang diajarkan (ta’hil al mudarrisin); pengawasan dan evaluasi program belajar-mengajar; bimbingan belajar malam; ulangan umum dan ujian-ujian semester; kajian kitab turats; ujian praktek mengajar; praktek manasik haji; pelatihan membuka kamus-kamus; penulisan karya ilmiah; diskusi umum; rihlah ilmiah iqtishadiyah, dan lain-lain.

4. Fasilitas

Di antara fasilitas penunjang keberhasilan proses pembelajaran di KMI adalah: perpustakaan santri dan perpustakaan referensi untuk guru, laboratorium IPA, Komputer, dan Bahasa, perkantoran, ruang belajar yang representative, dan berbagai alat peraga pengajaran.

5. Persamaan Ijazah KMI

Ijazah Kulliyatu-l-Mu’allimin/Mu’allimat Al-Islamiyah (KMI) telah mendapat persamaan dari Kementrian Agama melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4910 tahun 2016 dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4911 tahun 2016.

Dengan demikian alumni KMI Pondok Modern Daarul Abroor bisa melanjutkan ke Jenjang Pendidikan yang lebih tinggi yaitu ke jenjang Strata Satu (S1) baik Negeri maupun Swasta, di dalam maupun di Luar Negeri.

Close