Kampus Pusat

Jihad Fi Sabilillah bagi santri

Gemerlap malam menjadi saksi bisu, betapa usaha bukan sekedar bicara, namun semua merupakan bukti nyata. Jihad adalah sebuah kata yang mengandung sebuah pengorbanan, tak lepas dari kata usaha, berkorban dan terus berjalan bahkan berlari tanpa henti. Mengorbankan segalanya demi menuju suatu tujuan individu ataupun bersama.

Jihad dalam Islam berarti berjuang di jalan Allah dengan segala yang ia miliki. Menyerahkan harta sebagai modal perang atau bahkan mempertaruhkan nyawa sebagai alat pertahanan. Namun sahabatku yang budiman perlu kita ketahui bahwasanya yang berjuang dijalan Allah bukan hanya ulama, atau mujahid-mujahid yang berperang dengan mengangkat senjata.

Setiap kita adalah mujahid, yang membedakan kita dengan mereka adalah medan perang.

Terkadang orang salah beranggapan, mereka beranggapan bahwasanya seorang mujahid adalah dia yang berjuang melawan musuh Allah dengan mengangkat senjata. Ketahuilah senjata kita saat ini bukan hanya pedang melainkan apa yang saat ini berada di depan kita itulah senjata kita.

Senjata seorang penulis adalah pena yang ketajamanya lebih tajam daripada pedang. Senjata orang tua adalah bagaimana ia mendidik anaknya agar menjadi manusia yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.

Senjata seorang pelajar adalah bagaimana ia mempelajari segala pelajaran yang diberikan oleh sang guru kepadanya. Agar ia mampu menjadi insan yang berguna di masa yang mendatang dan inilah yang dilakukan oleh pelajar Pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) mereka belajar dengan sangat rajin dan serius, pasalnya besok pagi tanggal 06 April 2019 mereka akan melaksanakan ujian Mid Semester untuk santri kelas 1 KMI sampai kelas 5 KMI.

Berbeda dengan kelas 6 KMI yang akan melaksanakan ujian lisan, untuk itu tempat mereka belajar juga berbeda, untuk kelas satu sampai kelas lima KMI mereka belajar di Aula, sedangkan untuk kelas enam KMI mereka belajar di Gedung Umar. [Al Ustadzah Suryati]

Baca juga: Pembekalan amaliah tadris bagi kelas 6 2019

Tags
Back to top button
Close
X