Daarul Abroor 1

Festival Qurban Yang Menghibur

Pagi yang cukup cerah menyapa setiap insan yang berbahagia, kebahagiaan karena dapat melaksanakan ibadah haji. Namun sang mentari tak hanya menyapa mereka yang melaksanakan rukun islam, melainkan menyapa setiap umat muslim yang menyambut datangnya hari qur’ban dengan hati yang berbinar.

Warga pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) dan masyarakat setempat melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Al-Abroor, Desa Tirtaharja, Kecamatan Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, pada pukul 07:00 wib.

Sholat Ied berlangsung lancar dan penuh hitmat, yang di Imami oleh Ustad Imam Khudhori. Dan khotibnya Ustad Ahmadi. Khutbah pada tahun ini mengambil tema ‘’Jangan jadikan ulama alat penguasa’’

Setelah selesai melaksanakan sholat ied, PMDA mempunyai acara tersendiri dalam merayakan hari raya Idul Adha, yaitu acara pentas seni antar asrama atau lebih tepatnya perlombaan antar asrama yang biasanya disebut ‘’festival qurban’’. Festival Qur’ban pada tahun ini dipanitiai oleh kelas 4 KMI dan kelas 3 INTENSIF yang dilaksanakan di Aula  Daarul Abroor pada pukul 09:00 – 12:00 WIB.

Festival qur’ban ini menjadi hiburan tersendiri bagi para santri terlebih para wali santri yang menjenguk anak-anak mereka. Gedung Aula yang sedemikian besarnya penuh sesak oleh kehadiran wali santri yang ingin menyaksikan putra–putri mereka berlomba. Tiap-tiap asrama menampilkan penampilan yang lucu, unik, menarik dan lain dari pada yang lain, yang membuat ratusan penonton tertawa dan terhibur.

Disaat semua orang sibuk menyaksikan acara festival qur’ban, banyak dari para ustad dan masyarakat setempat yang sibuk mengurusi hewan qur’ban. Adapun hewan qur’ban di PMDA berjumlah 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Sebagian besar hewan qur’ban telah disembelih pada hari rabu, 22 Agustus 2018 yang dibagikan keseluruh warga pondok dan masyarakat setempat. Sebagian hewan qur’ban lainya akan disembelih pada hari kamis, 23 Agustus 2018, yang akan di bagikan kepada seluruh santri.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close