Evaluasi dan Tasyakuran Atas Selesainya Ujian Tulis Semester 1 TP 2020-2021

Wajib Dibaca

SekPim
Sekretaris Pimpinan Pondok Modern Daarul Abroor.

Setelah menjalani ujian yang berlangsnug hampir satu bulan, akhirnya Pondok Modern Daarul Abroor mengadakan tasyakuran atas selesainya ujian semester 1 pada ( kamis, 24/12/2020).  Sebelum memulai ujian terakhir tadi pagi santri PMDA berdo’a bersama dengan membaca surah Al-Fatihah yang dipimpin langsung oleh pimpinan.

Untuk hari ini Hanya ada satu materi yang diujikan.  Materi tersebut adalah kepondok modernan. Kepondok modernan bukanlah materi pelajaran yang diajarkan di kelas. namun ,pengetahuan tentang sejarah berdirinya pondok dan segala hal yang berkaitan dengan pondok. Tujuannya diadakan ujian kepondok modernan adalah untuk menguji pemahaman santri terhadap pondok. Jikalau santri kelas 1 dan 2 mungkin hanya mengerti pondok dari artikel yang mereka baca, ataupun hanya hafal panca jiwa dan motto pondok saja, namun berbeda untuk kellas 4, 5 dan 6 yang sudah lama berada di pondok  harus lebih  tahu dan lebih pandai  menjawab soalnya, termasuk dalam isi dan maksud dari panca jiwa, motto pondok ataupun segala hal terkait pondok.

Setelah ujian berakhir  ada waktu 10 menit untuk istirahat, kemudin para santri berkumpul untuk mendengarkan evaluasi dari Direktur KMI sekaligus tasyakuran bersama di Aula PMDA.

Dalam evaluasinya direktur KMI beserta santri mengucapkan Lafadz  Alhamdulillah sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas berakhirnya ujian semester satu ini. Dalam sambutannya Al Ustadz Mufasil selaku direktur KMI menyampaikan kepada santri agar tetap belajar . “selesai ujian bukan berarti selesai segalanya, kita harus tetap belajar karena kita belajar bukan untuk ujian tetapi kita belajar dari ujian” Ujar beliau. belajar untuk memahami pelajaran yang tidak di pahami ketika  belajar di kelas dengan cara bertanya dan berdiskusi dengan ustadz ataupun teman. Dan juga belajar dari suasana ujian, dimana ketika ujian giat bangun malam untuk shalat, banyak berdoa, membaca dan menghafal pelajaran maupun Al Quran. Hal-hal yang seperti itulah yang tidak boleh disudahi begitu saja.

tentunya perasaan para santri sangat senang, berkecamuk tidak karuan karena seolah olah mereka sudah terlepas dari penjara. agenda yang akan melakukan pasca ujian ini untuk kelas 1-4 KMI akan diadakan Perlombaan Daarul Abroor Cup hingga masa liburan awal tahun tiba, sebelum mereka pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Kemudian sedikit evaluasi untuk panitia ujian agar lebih teliti lagi. Karena di ujian kemarin masih banyak kesalahan , seperti lembar jawaban yang kurang soal yang sering tertukar dan beberapa hal yang terkait dengan hal-hal ujian lainnya. acara berakhir dangan d’oa yang dipimpin oleh  Al-Ustadz Hisyam.

Tasyakuran ini dihadiri oleh beberapa guru senior dan junior terutama yang mendapatkan jadwal mengawas di hari ini. Usai Do’a langsung menyantap menu hidangan yang telah dipersiapkan.

Untuk Ujian Niha-i gelombang 1 juga  Alhamdulillah sudah selesai kemarin Rabu 23/12/2020. ditandai dengan sorak-sorak gembira mengucapkan motto kebanggan mereka.

Kabar Terbaru

Pembagian Raport Hasil Belajar Semester Genap MI Daarul Abroor TP 2020-2021

Tirtaharja- Aktifitas belajar mengajar semester genap tahun pelajaran 2020 – 2021 Madrasah Ibtida’iyah Daarul Abroor(MIDA)  telah usai, tepatnya hari...

Informasi Lainnya

X