Daarul Abroor 4

Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor 4 yang disingkat dengan PMDA4  adalah Pondok cabang yang ke-4 dari Pondok Pesantren Modern Daarul Abroor Banyuasin Sumatera Selatan.

PMDA4  ini terletak di tengah-tengah perkebunan karet warga sekitar yang tepatnya berada di Dusun VI Desa Pagar Gunung Kec. Lubai Kab. Muara Enim Sumatera Selatan Indonesia.

Pada awalnya, lahan didirikannya PMDA4  ini merupakan   lahan kebun karet milik salah seorang dermawan muslim sekaligus donatur tetap PM.DA yaitu Ibunda Hj. Inismar Arbainaya yang berasal dari kota Palembang. Lalu, lahan ini diserahkan dan di wakafkan oleh beliau untuk pendirian PMDA4 .

Cikal bakal didirikannya PMDA4   diawali dengan pengadaan survey lapangan oleh Pimpinan Pusat Ponpes Modern Daarul Abroor yaitu KH.Edy Sunari, BA didampingi oleh dewan guru dan masyarakat sekitar.

Lalu setelah tahap survey dan peninjauan lokasi maka dengan izin Allah SWT pada hari senin tanggal 12 Desember 2016/12 Rabiul Awwal 1438H di lakukanlah peletakan batu pertama   pendirian PMDA4  khususnya untuk gedung madrasah/Sekolah sebanyak satu lokal dengan dua ruang kelas belajar, setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan dua lokal rumah guru.

Acara peletakan batu pertama ini dibarengkan dengan acara peringatan hari kelahiran/Maulid Nabi Muhammad SAW dan dihadiri dan disaksikan langsung oleh para pengurus Pon-Pes Daarul Abroor, para tokoh agama,kepala Desa Pagar Gunung (Bpk. Imadul Baldi), Tokoh Masyarakat dan warga sekitar.

Dalam masa pembangunan tahap awal ini dilakukan kurang lebih 3 bulan lamanya dan sampai sekarang masih terus berkembang dengan penambahan sarana belajar, olahraga dan keterampilan dll, guna memenuhi hajat kebutuhan para santri nantinya.

Syukur Alhamdulillah dengan Selesainya tahap pembangunan tahap awal ini, PMDA4  mulai mengadakan penerimaan santri  perdana dengan tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan sistem pembelajaran dan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) menginduk ke PM.Daarul Abroor sebagai pusatnya.

Sebagai penutup, dengan kerendahan hati dan selalu memohon atas rahmat Allah, mudah-mudahan dengan dibukanya tahun ajaran baru di PMDA4 ini bisa memberikan manfaat dan maslahah baik bagi warga sekitar dan untuk generasi muslim pada umumnya nanti. Amin ya robbal ‘alamin. [F@th]

Back to top button
Close
X