Kampus Pusat

Buka Puasa Bersama Perdana di Pondok Modern Daarul Abroor Kampus 1

Terik matahari yang terus membakar, membuat rasa lapar dan dahaga kian menjadi. Ditambah lagi harus menjalani ujian lisan pada hari ini.  Namun hal tersebut tidaklah menyurutkan semangat mereka dalam menjalankan puasa ramadhan sekaligus menjalani ujian.

Perlahan waktu terus berjalan beriringan dengan mentari yang semakin menurun dan akhirnya berganti dengan senja. Lantunan ayat suci Al-Qur’an mengema, sebagai pertanda waktu buka kian dekat. Seluruh santri telah mengambil nasi kotak yang telah disediakan oleh pondok, mereka juga telah mengambil jatah bubur. Mereka berbaris rapi berhadap-hadapan, santri putri berada di teras masjid bagian Timur, sementara santri putra berbaris di Masjid sebelah Utara.

Saat lantunan ayat suci berhenti, do’a bersama dipimpin oleh Ustad Hisyam, yang dibarengi dengan suara bedug tanda waktu berbuka telah tiba. Selesai berdo’a mereka semua berbuka puasa dengan nikmatnya. Karena senikmat-nikmatnya makanan dunia adalah makanan pada saat buka puasa, apalagi buka puasa secara bersama-sama. Acara ini berlangsung pada tanggal 11 Mei 2019, di Masjid Al-Abroor. Saat berbuka puasa mereka hanya memakan makanan seperlunya, yang penting mereka sudah membatalkan puasa. Setelah azan selesai mereka semua bersiap-siap untuk melaksanakan sholat magrib berjamaah.

Suasana malam mulai terasa, apalagi ditambah kehadiran nuansa bintang-bintang yang berkelipan, serta bulan yang menawan. Setelah mereka semua mengabdikan diri kepada Allah dengan melaksanakan kewajiban mereka sebagai hamba. Barulah mereka semua memakan makanan yang telah dihidangkan seperti nasi kotak dan makanan lainya.

Sesungguhnya nikmatnya makanan bukan karena menu yang disajikan, melainkan bagaimana seseorang bersyukur atas apa yang Allah berikan kepadanya. Seperti biasa ketika mereka selesai melaksanakan makan malam, mereka semua bersiap-siap untuk melaksanakan sholat Isya dan sholat Tarawih berjamaah.

Maka mereka semua pulang berwudhu dan melepas lelah, setelah itu mereka semua berangkat lagi ke Masjid, sedang masjid sudah dalam keadaan bersih. Karena santri yang piket di hari itu langsung membersihkan teras masjid dan mengepelnya. Seperti biasa selesai melaksanakan sholat Tarawih mereka semua langsung pergi ke kelas untuk belajar mempersiapkan ujian lisan maupun ujian tulis. Mereka belajar dengan diiringi lantunan ayat suci Al-Qur’an. [Suryati]

Tags
Back to top button
Close
X