Kabar Santri

Apa Kata Santri Baru Tentang Ujian Lisan?

Ujian adalah sarana memetik ilmu yang ditanam beberapa waktu yang lalu. Inilah Pondok Modern Daarul Abroor yang menjaga kewibawaan ujian. Yang menjadikan ujian bukan hanya ujian materi belaka, melainkan ujian batin dan ujian mental. Ujian bukan hanya untuk mencari nilai, melainkan sebagai pendidikan yang lebih bernilai.

Karena pada saat ujian, santri yang dulunya jarang bangun malam sekarang rajin bangun malam, menunaikan ibadah shalat tahajjud, belajar hingga waktu subuh, dan belajar kembali sampai detik akhir nama terpanggil untuk memasuki ruangan ujian lisan.

Santri baru berpendapat: “hal yang pertama kali saya rasakan ketika memasuki ruang ujian yaitu deg-degan, takut, keringat dingin keluar, dan tak tau lagi apa yang saya rasakan, saya takut tidak bisa menjawab dan lain sebagainya, saya deg-degan dan takut bukan karena saya tidak pernah ujian lisan, namun ujian lisan disini kebalikan dari ujian lisan diluar. Karena ujian diluar pengujinya hanya satu orang, dan yang di uji 2 sampai 3 orang, itupun hanya orang-orang pilihan. Sementara disini, pengujinya 3 sampai 4 orang, sedangkan yang di uji hanya satu orang”.

Persaingan yang sangat ketat memacu Santri untuk belajar ekstra dan lebih giat lagi. Karena mereka belajar bersama yang menjadikan kesemangatan 1 santri diikuti oleh seluruh santri.

Semoga ujian lisan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Tags

Daarul Abroor

Admin web Pondok Modern Daarul Abroor, Pesantren KMI satu-satunya di Sumatera Selatan.

Artikel terkait

Silahkan beri komentar...

Close