Daarul Abroor 1

50 kg Daging Bagi Santri Untuk Nyate Bersama

Nyate bersama pada hari raya qur’ban merupakan tradisi Pondok Modern Daarul Abroor (PMDA) pada setiap tahunnya. Tradisi yang telah berlangsung dari tahun ketahun ini merupakan suatu tradisi dalam rangka memperingati hari raya idul Adha bersama teman-teman.

Nampaknya acara Nyate bersama  pada tahun ini sedikit berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, sebab acara nyate bersama yang biasanya dilaksanakan pada hari pertama Idul Adha setelah melaksanakan sholat ashar, pada tahun ini acara nyate bersama dilaksanakan pada hari kedua.

Pada pukul 09:30 wib beberapa santri akhir KMI memotong-motong daging sapi menjadi bagian yang kecil-kecil, yang nantinya akan dibagikan keseluruh santri pada pukul 14:00 wib. Jumlah daging yang disiapkan untuk acara nyate bersama ini adalah 50 kg.

Acara ini dilaksanakan di sekeliling Aula Daarul Abroor, Desa Tirtaharja, Kecamatan Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, pada pukul 15:30 hingga 17:00 wib, 23 Agustus 2018.

Keceriaan Nampak begitu jelas di wajah semua santri, mereka tertawa bersama, kesal bersama karna api yang mereka nyalakan mati terus-menerus, bahkan batuk-batuk bersama karena asap dari tempat mereka memangang daging sapi. Lebih lucunya lagi ada santri yang memangang sate saat api masih menyala sangat besar, akibatnya daging yang mereka pangang gosong atau hanya berwarna hitam sebab asap yang menempel.

Namun mereka tidak menyerah begitu saja meskipun banyak angin yang menyerang mereka dan menyebabkan api-api mereka mati. Kehangatan karena kebersamaan menyebabkan segala yang sulit menjadi mudah.

Pada akhirnya mereka semua dapat menikmati jerih payah mereka, mereka makan bersama bahkan saling menukar sate-sate mereka dari kelompok satu kekelompok lainya, ataupun dari satu santri ke santri lainya.

Acara ini merupakan acara yang sangat dinanti-nanti oleh semua santri dari tahun ketahun, semoga tradisi ini dapat berlangsung terus menerus sepanjang tahun, amien.

Tags
Close
Close
X