3 Mahasiswi Universitas Islam Negeri(UIN) Raden Fatah Palembang melakukan Penelitian di PMDA

Wajib Dibaca

SekPim
Sekretaris Pimpinan Pondok Modern Daarul Abroor.

Pondok Modern Daarul Abroor kedatangan 3 Mahasiswi dari Universitas Islam Negeri(UIN) Raden Fatah Palembang. Yang tak lain 2 Mahasiswi dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Bahasa Arab dan 1 lainya jurusan Matematika, yaitu Tanzima(Alumni PMDA tahun 2016), Lutfiatul Mahmudah(Alumni Madrasah Aliyah Daarul Amanah OKI) dan Menita Eka Putri( Alumni PMDA tahun 2017 ).

Tujuan kedatangan 2 mahasiswi jurusan bahasa arab ini ke Pondok yang tak lain adalah melakukan penelitian kepada para santriwati dan seorang mahasiswi jurusan matematika melakukan Observasi untuk mempersiapkan penelitiannya yang akan dilakukan di bulan Januari mendatang, Yang dimana hasil dari penelitian tersebut akan ditulis ke dalam skripsinya  dalam rangka  penyelesaian tugas akhir kuliah.

Alasan mereka memilih Pondok Modern Daarul Abroor sebagai objek dalam penelitian mereka karena  penerapan bahasa arabnya sudah berjalan dengan baik sehingga para alumni tertarik untuk mengambil judul skripsinya ‘’penelitian mengenai hal apa yang menyebabkan santri-santri mahir dalam berbahasa arab  .Selain itu judul penelitian yang diambil tentang kalam(Praktek berbicara), jadi penelitian akan terasa sangat tepat jika objeknya  santri PMDA. Tak lain karena keseharian santri sudah terbiasa bercakap-cakap menggunakan bahasa arab dalam komunikasinya.

Penelitian dilakukan semalam 17/12 hingga sore ini 18/12. Penelitian yang mereka lakukan merupakan  penelitian jenis kuantitatif dan kualitatif, sehingga mereka melakukan tinjauan observasi melalui penyebaran angket yang berupa pertanyaan dan tes lisan dituju kepada santriwati terutama ditujukan kepada kelas 4-6 KMI.  Pembagian angket tersebut dilaksanakan di Aula PMDA, tepatnya Pukul 22.00 WIB, setelah belajar malam santri Usai dengan dibantu oleh beberapa Ustadzah Pengabdian yang juga ikut mengawasi belajar malam santri. Santriwati  diminta untuk  berkumpul dan diberi  sedikit arahan mengenai tata cara pengisian angket dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disispkan. Setelah usai mengisi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan para santriwati mengumpulkan angket mereka kembali dan hasilnya akan dijadikan referensi oleh peneliti-peneliti tersebut. Setelah usai  pada Pukul 22.21 WIB para santriwati pulang ke asrama meereka masing-masing untuk beristitahat. penelitian dilanjutkan Jum’at sore tadi dengan memanggil beberapa santriwati untuk diajak wawancara menggunakan bahasa arab. agar si peneliti benar-benar mengetahui kemampuan berbahasa santriwati secara langsung. Alhamdulillah Penelitian tersebut berjalan dengan lancar.

Mahasiswi-mahasisiwi tersebut merasa terkesan dengan sikap dan kerjasama para santriwati yang mereka jadikan sebagai sasarannya. Salah satunya adalah ungkapan “santri- santri Pondok Modern Daarul Abroor sangatlah sopan ya dan memiliki kelebihan dalam berbahasa, saya sangat kagum kepada mereka selain disiplin, rapih, sopan, mereka pun cakap dalam berbahasa. Hal seperti ini yang sangat menarik untuk dijadikan bahan penelitian. Daarul Abroor memang pondok pesantren modern  yang the best”  ujar Lutfiya kepada Salah seorang Ustadzah Pengabdian.

 

Kabar Terbaru

Pembagian Raport Hasil Belajar Semester Genap MI Daarul Abroor TP 2020-2021

Tirtaharja- Aktifitas belajar mengajar semester genap tahun pelajaran 2020 – 2021 Madrasah Ibtida’iyah Daarul Abroor(MIDA)  telah usai, tepatnya hari...

Informasi Lainnya

X